Cara Menghilangkan Bulu Rambut Pada Tubuh

Cara Menghilangkan Bulu Rambut Pada Tubuh

Gepengan – Saat ini ada banyak metode untuk menghilangkan rambut halus yang tumbuh secara efektif dan tanpa rasa sakit. Jadi, apa metode terbaik untuk menghilangkan rambut yang tidak diinginkan? Lihatlah ulasan lengkap tentang berbagai cara untuk menghilangkan bulu-bulu halus yang harus Anda ketahui.

Berbagai cara untuk menghilangkan bulu rambut pada tubuh

  1. Cabut bulunya

Cara kerjanya: Perpanjang permukaan kulit yang diinginkan, jepit rambut dengan penjepit dan lepaskan sampai ke akar. Durasi: 3-8 minggu. Pro: tidak mahal. Anda hanya perlu pinset, tetapi itu membutuhkan banyak waktu karena Anda harus menarik rambut satu per satu. Tetapi menggunakan epilator bisa menjadi alternatif karena Anda bisa menarik banyak rambut untuk satu jepit rambut.

Kekurangan: rasa sakit. Seperti teknik mencukur, rambut yang sobek dari kulit dapat menyebabkan rambut tumbuh ke dalam. Anda juga mungkin mengalami benjolan merah pada kulit yang disebabkan oleh kelenjar kapiler yang bengkak dan teriritasi setelah mencabut rambut. Epilator bukan ide yang baik untuk digunakan di area-area seperti alis, karena dapat mengakibatkan banyak rambut seret secara bersamaan. Karena itu sulit untuk mengontrol jumlah rambut yang akan ditarik. Tips yang bisa dilakukan pastikan untuk mensterilkan pinset atau alat penarikan lainnya dengan alkohol sebelum dan sesudah digunakan untuk mengurangi risiko infeksi.

  1. Mencukur

Cara kerjanya: Pisau cukur akan memotong batang rambut yang menonjol dari permukaan kulit. Pisau cukur tersedia dalam versi pisau sekali pakai, cadangan, atau listrik. Pada pria, metode pencabutan rambut ini digunakan untuk mencukur jenggot dan kumis. Sedangkan wanita menghilangkan ketiak, dan kaki. Durasi: 1-3 hari. Pro: Penggunaan dari pisau cukur sangat relatif murah dan Anda bisa melakukannya sendiri. Anda hanya perlu air panas, pisau cukur dan jika mau krim atau gel cukur.

Kekurangan: Kulit panas, benjolan, goresan dan rambut tumbuh ke dalam adalah rambut yang cenderung tumbuh kembali di sekitar jaringan, bukan kelenjar, dan kemudian berkembang di depan kulit, yang dapat menyebabkan iritasi. Dalam banyak kasus, rambut yang tumbuh ke dalam mungkin muncul karena pencukuran yang teratur.

  1. Waxing

Bagaimana cara kerjanya? Lilin cair dioleskan ke area kulit yang diinginkan, kemudian ditutup dengan kain dan segera dikeluarkan. Tujuannya untuk mendekatkan akar rambut dan sel kulit mati. Waxing dapat digunakan dalam cuaca panas atau dingin. Waxing juga bisa dilakukan di klinik kecantikan atau di rumah. Durasi: 3-6 minggu. Pro: Hasil waxing cukup tahan lama dan membuat kulit halus. Peralatan hair removal mudah ditemukan di apotek atau minimarket. Rambut yang tumbuh akan lebih jarang dan tidak terlalu terlihat dibandingkan dengan metode lain, seperti mencukur.

Kekurangan: Menyebabkan rasa sakit, kulit menjadi kemerahan, benjolan dan peradangan juga dapat muncul setelah pencabutan rambut. Perawatan ini juga cukup mahal jika dilakukan di klinik kecantikan. Tidak direkomendasikan untuk pemilik kulit sensitif.

  1. Obat menghilangkan rambut

Bagaimana cara kerjanya? Cairan atau krim untuk proses menghilangkan rambut di permukaan kulit yang dapat memberikan reaksi kimia pada struktur protein rambut, sehingga rambut dilepaskan dan tetap dicuci. Durasi beberapa hari hingga 2 minggu. Pro: Obat menghilangkan rambut menyediakan cukup cepat, murah dan dijual bebas di apotek atau supermarket. Penghilangan rambut sangat berguna untuk kaki, dan ketiak. Formulasi khusus mungkin diperlukan untuk wajah dan dagu.

Kekurangan: Penggunaan obat menghilangkan rambut bisa menjadi berantakan dan banyak orang tidak suka bau. Kulit sensitif mungkin memiliki alergi karena penggunaan obat menghilangkan rambut dan menyebabkan ruam kulit atau peradangan. Menghilangkan bulu mungkin juga tidak terlalu efektif untuk rambut yang lebih tebal.

  1. Laser

Cara kerjanya: Sinar laser akan dikirim ke kulit menuju kelenjar rambut, untuk menghentikan pertumbuhannya. Berfungsi bagus pada orang berkulit terang dan berambut hitam, karena kandungan melanin (pigmen berwarna) rambut hitam akan menyerap lebih banyak cahaya, membuat prosesnya lebih efisien. Durasi mungkin permanen, tetapi Anda harus kembali setiap 6 bulan untuk perawatan. Pro: Metode ini membutuhkan waktu yang sangat lama dan dapat diterapkan secara bersamaan ke area kulit yang luas. Kekurangan: Satu sesi bisa menghabiskan banyak uang. Efek samping dari perawatan mungkin peradangan dan kulit kemerahan.

  1. Elektrolisis

Cara kerjanya: Berkat listrik ringan yang berasal dari perangkat khusus. Listrik sudah cukup untuk mengejutkan akar rambut sehingga terlepas. Area kecil seperti bibir atas bisa memakan waktu 4 hingga 10 jam, sedangkan untuk area yang lebih luas seperti bikini, dari 8 hingga 16 jam. Durasi permanen, meskipun beberapa orang mengalami pertumbuhan rambut kembali. Pro beberapa orang mendapatkan hasil permanen.

Kekurangan: Elektrolisis menghabiskan banyak waktu dan uang, sehingga umumnya hanya digunakan untuk area kecil seperti bibir atas, alis dan ketiak. Banyak orang menggambarkan proses itu menyakitkan dan kulit menjadi kering, bekas luka muncul dan peradangan setelah perawatan. Risiko infeksi juga dapat terjadi jika jarum dan alat lain tidak disterilkan sebelumnya.

Memutuskan untuk menghilangkan rambut tubuh adalah pilihan pribadi. Menghilangkan bulu tubuh tidak membuat seseorang lebih sehat, dan Anda tidak harus melakukannya jika Anda tidak benar-benar menginginkannya.