Cara Pengisian Air Aki Dan Tips Hilangkan Karat Di Velg

Cara Pengisian Air Aki Dan Tips Hilangkan Karat Di Velg

Gepengan – Jika kita berbicara tentang mobil, tentu saja kita akan berbicara tentang komponen yang terkandung dalam mobil. Komponen adalah alat yang sangat penting untuk menjaga karakteristik mobil Anda, yang tentu saja memiliki fungsi dan peran yang berbeda satu sama lain, sehingga kinerja mobil atau sepeda motor Anda tetap ada. Salah satu komponen yang sangat penting adalah baterai. Bagi pengguna sepeda motor, Anda sudah mengenal komponen yang satu ini, di mana baterai ini berfungsi untuk mengalihkan arus atau listrik ke semua komponen listrik sepeda motor Anda, terutama ketika Anda menghidupkan motor maka baterai ini memiliki peran penting untuk mengarahkan listrik.

Ini karena ketika komponen mesin Anda dinyalakan, mesin Anda membutuhkan tenaga awal untuk memutar poros engkol sehingga piston dapat bergerak naik dan turun, dan kemudian mesin mobil Anda akan terbakar. Karena pentingnya peran komponen yang satu ini, Anda harus secara teratur memeriksa dan merawat baterai ini. Selain itu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, selain perawatan misalnya, saat mengisi ulang baterai kendaraan Anda dengan air aki. Di sini kami akan membahas tentang cara pengisian air aki dan tips hilangkah karat di velg yang dapat menambah pengetahuan Anda semu.

Cara Pengisian Air Aki

  1. Pertama periksa status baterai

Cara pertama adalah memeriksa kondisi baterai kendaraan Anda terlebih dahulu. Pada saat ini Anda perlu memeriksa apakah Anda memiliki baterai cair. Jika ketinggian air di bawah garis bawah, Anda harus menambahkan air. Jika perlu, Anda dapat melepas dua baterai terminal dengan obeng +.

  1. Buka Tutup cairan

Cara kedua adalah membuka penutup baterai. Anda dapat membuka penutup baterai menggunakan oben (-). Setelah Anda membuka penutup baterai, dan ternyata masih ada sisi cairan baterai lama, Anda harus terlebih dahulu mengeluarkan sisa cairan sehingga air aki yang Anda gunakan adalah air aki baru.

  1. Metode pengisian yang benar

Cara ketiga adalah mengisi baterai dengan yang baru. Perlahan-lahan tuangkan air aki ke baterai melalui penutup yang dilepas, tuangkan air ke batas atas air dan jangan melebihi garis atas yang terpasang. Karena jika Anda mengisinya lebih dari garis tertentu, air dari baterai akan tumpah di sekitar sepeda motor Anda, yang akan berdampak buruk pada kendaraan Anda.

Itulah cara pengisian air aki kendaraan Anda, mari sekarang lanjut ke tips hilangkan karat di velg kendaraan Anda. Karat adalah hasil korosi dari proses oksidasi yang terjadi pada semua benda berbasis besi. Roda sepeda motor adalah salah satu komponen besi pada mesin yang dapat terkorosi. Karat pada cakram dapat disebabkan oleh kondisi di mana zat besi dioksidasi oleh udara luar, yang membutuhkan percepatan proses panjang. Untuk mengatasi velg yang rentan terhadap karat karena penuaan dan sering terkena air, Anda dapat melakukan beberapa tips untuk menghilangkan karat pada velg sebagai berikut.

Tips Hilangkan Karat Di Velg

Cara Pengisian Air Aki Dan Tips Hilangkan Karat Di Velg

  1. Menggunakan air soda

Air soda adalah bahan pertama yang dapat digunakan untuk menghilangkan karat pada velg sepeda motor, yang timbul dari penuaan. Air soda memiliki keasaman yang sangat tinggi, sehingga dapat menghilangkan karat dari kotoran dengan menggosokkan air soda ke bagian yang berkarat. Dalam proses ini harus dilakukan  dengan kain bersih dan harus dilakukan berulang kali. Setelah menggunakan air soda, cuci velg yang telah dibersihkan sampai bersih dan gunakan sabun jika perlu. Untuk mendapatkan hasil yang baik, cobalah merendam kain dengan air berkarbonasi sebentar sebelum menggosoknya. Penggunaan air berkarbonasi juga termasuk dalam tips perawatan mesin untuk membuatnya lebih halus.

  1. Menggunakan batu hijau

Batu hijau atau lebih dikenal dengan watu ijo adalah batu lunak yang bisa digunakan untuk menghilangkan karat pada velg sepeda motor. Saat menggunakan potonglah batu hijau jadi kecil dan mencampurnya dengan brizo. Gosokkan campuran ke dalam velg berkarat dengan kain bersih atau gunakan koran bekas. Minyak kuningan digunakan di sini hanya sebagai perantara, sehingga proses menggosok lebih mudah dan lebih cepat.

  1. Menggunakan tanah liat

Bahan lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan karat velg sepeda motor adalah tanah liat. Tanah liat memiliki tekstur lunak dan tanah liat bisa menyerap kotoran. Selain velg, mesin juga bisa bersihkan dengan bahan ini. Cara menggunakannya juga sangat mudah, seperti halnya dengan bahan anti karat lainnya yang digunakan, gosokkan ke bagian yang berkarat. Tanah liat juga dapat menjadi solusi untuk menyingkirkan lecet pada sepeda motor.

  1. Penggunaan produk anti-korosi

Cara termudah untuk menghilangkan karat velg sepeda motor lainnya adalah dengan menggunakan cairan anti-korosi yang dijual di bengkel. Tetapi ketika menggunakan metode ini, beberapa biaya diperlukan untuk menyediakan cairan anti-korosi. Banyak agen anti-korosi yang tersebar luas di pasar memungkinkan kita untuk memilih agen anti-korosi yang tepat. Beberapa cairan pelumas universal atau anti-cair mengandung bahan kimia berbahaya yang dapat merusak komponen sepeda motor dan merusak kesehatan. Saat memilih produk anti-korosi ini, Anda seharusnya tidak tertipu dengan harga murah, karena ada kemungkinan produk yang murah memiliki kemungkinan lebih tinggi untuk mentransfer bahan kimia berbahaya.